Iklan Pocari Sweat Bintang SMA Viral Berkat Anime

Foto sampul akun Facebook Pocari ID

"Ayo tunjukkan bakatmu dan jadilah bintang iklan Pocari Sweat selanjutnya."

Sepenggal kalimat persuasif di atas merupakan bagian dari deskripsi iklan atau Television Commercial (TVC) Pocari Sweat Bintang SMA.

Pesan tersebut seolah memberi harapan kepada generasi muda khususnya siswa-siswi SMA sekaligus berupaya mengajak mereka dalam program ajang pencarian bakat terbaru yang diselenggarakan oleh PT AMERTA INDAH OTSUKA.

Hingga saat artikel ini ditulis, video yang diunggah oleh akun PocariID tersebut telah dilihat lebih dari 8 juta kali dan dikomentari sebanyak 5.808 komentar.

Konnichiwa! Suka-suki kali ini mau membahas iklan Pocari Sweat Bintang SMA yang akhir-akhir ini sempat viral di jagat maya.

Kehebohan ini diduga kuat berkat animasi yang melatarbelakangi iklan ini.

Bahkan nama Makoto Shinkai pun ikut disebut-sebut oleh warganet.

Memangnya siapa sih sebenarnya yang buat animasi ini? Penasaran dong, baca sampai selesai ya.

Sekilas Tentang Bintang SMA

Melansir dari laman pocarisweat.id, kompetisi Bintang SMA ini merupakan sebuah kegiatan talent show berbasis online dari POCARI SWEAT yang dapat diikuti oleh siswa maupun siswi SMA atau sederajat.

Kegiatan ini hanya ditunjukkan bagi perorangan, bukan untuk grup maupun kelompok.

Artinya setiap siswa maupun siswi yang ingin ikut ajang ini wajib mengunggah video kemampuannya dalam bidang apapun melalui akun Instagram pribadi (dan tidak dikunci pastinya) dengan memberikan tautan kepada akun Instagram @pocariid serta tagar #BintangSMA

Kemudian, video yang diunggah peserta akan diseleksi dalam penjurian tahap satu dan dipilih menjadi 50 besar.

Setelah melalui tahap tersebut, peserta akan diseleksi kembali melalui penjurian tahap selanjutnya yakni 10 besar hingga menuju tahap final.

Barulah nanti pemenang utama dari ajang pencarian bakat ini akan mendapat tawaran untuk menjadi bintang iklan Pocari Sweat Indonesia.

 
Term & Conditions selengkapnya dapat dibaca di sini


Iklan Anime Ala Makoto Shinkai

Salah satu faktor yang membuat TVC Pocari Sweat Bintang SMA ini ramai diperbincangkanbaik di lini masa Twitter maupun Instagramkarena memakai unsur animasi yang menurut warganet digadang-gadang dapat menyaingi anime buatan Makoto Shinkai.

Apalagi momentum peluncuran iklan ini ketika Makoto Shinkai baru saja merilis animasi terbarunya yang berjudul 'Tenki no Ko' (Weathering With You) yang ditayangkan di Indonesia pada 21 Agustus 2019 lalu.

Tentu saja hal ini sontak mendapat perhatian lebih. 
  

Banyak warganet yang menyambut dengan hangat TVC Pocari Sweat Bintang SMA. 

Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa kualitas animasi yang ditampilkan oleh iklan tersebut sekelas dengan animasi buatan Makoto Shinkai.

Hal ini mungkin dikarenakan animasi buatan Makoto Shinkai yang terkenal melalui detail gambarnya yang memukau. 

Selain itu, hal yang menjadi kemiripan di antaranya ialah sosok Reza dan Ayu dalam iklan tersebut karena umumnya animasi buatan Makoto Shinkai menceritakan kisah tentang hubungan laki-laki dan perempuan. 

Tetapi jika menyandingkannya dengan Cross Road (salah satu iklan buatan Makoto Shinkai yang bekerja sama dengan Z-KAI) sepertinya masih jauh, jika dibandingkan dari sisi kedalaman cerita.

Tetapi sekali lagi yang perlu diapresiasi ialah bahwa animator Indonesia semestinya telah mampu bersaing dengan para animator asal Jepang.

Mungkin, hal ini yang ditunggu-tunggu oleh para para penggemar anime bahwa Indonesia semestinya bisa membuat film-film animasi yang tak kalah dengan animasi buatan Jepang, baik dari segi latar cerita maupun visualisasi.


Official TVC POCARI SWEAT - Bintang SMA



Hingga saat ini yang menjadi pertanyaan bagi sebagian besar khalayak warganet ialah siapakah animator yang membuat iklan Pocari Sweat Bintang SMA ini.

Dari pihak PocariID pun hingga saat ini belum ada pernyataan khusus yang menjelaskan sosok animator yang memprakarsai animasi ini. 

Spekulasi masih terus bermunculan. Salah satunya ialah dari Nawala Karsa yang menduga kuat bahwa animasi ini merupakan produksi dari dalam negeri yakni Timeline Studio, rumah produksi asal Denpasar, Bali.

Terlepas dari siapapun kreatornya, tentu saja iklan-iklan seperti ini diharapkan dapat terus bermunculan.

Karena selain visualisasi iklan yang kreatif dan 'beda', iklan-iklan versi anime ini memunculkan harapan cerah bagi para animator asal Indonesia untuk terus berkarya sekaligus membuka peluang baru apabila iklan-iklan tersebut dapat berkembang dan diangkat menjadi film animasi.


Alur Cerita Iklan Bintang SMA


source: TVC POCARI SWEAT - Bintang SMA

Secara garis besar, iklan ini menceritakan pertemuan antara Reza, siswa SMA Bintang Pratama (Jakarta) dengan Ayu (Ida Ayu Nandita) siswi SMA Ganesha Denpasar (Bali). 

Pertemuan ini tak seperti pada cerita buatan Makoto Shinkai yang umumnya dipertemukan secara tidak sengaja, melainkan sudah direncanakan dari kedua belah pihak baik Reza maupun Ayu.

Hal ini dikuatkan dengan adanya pesan dari Reza yang sebelumnya mempertanyakan kesiapan Ayu mengikuti final Bintang SMA.

source: TVC POCARI SWEAT - Bintang SMA

Ayu sempat ragu untuk meninggalkan Bali. Ia mencintai pulau tempat tinggal dan bersekolah yang menurutnya memiliki pantai yang lebih bagus itu.

Ayu juga merasa bahwa selama ini ia baik-baik saja karena memiliki banyak teman.

Namun semua itu ternyata tidak cukup baginya, karena Ayu ingin melihat dunia luar.

Sejalan dengan Ayu, Reza yang tinggal di Jakarta juga merasa hal yang telah dialaminya tidaklah cukup.

Meskipun hari-hari yang ia jalani terasa menyenangkan karena di tempat tinggalnya banyak hiburan seperti mall dan ia pun tak merasa kesulitan menghadapi ujian sekolah, jauh di lubuk hatinya ia masih ingin meraih mimpinya.

source: TVC POCARI SWEAT - Bintang SMA

Kesamaan pandangan inilah yang akhirnya menyatukan mereka untuk terus berlari mengejar mimpi melalui ajang Bintang SMA. 

Setelah meyakinkan diri akhirnya Ayu memutuskan untuk bertolak dari Denpasar Bali menuju Jakarta menggunakan pesawat. 

Pertemuan mereka berdua pun terjadi di Jakarta, tepatnya di sebuah halte bis TransJakarta, Gelora Bung Karno, Senayan.

Zenryoku Shounen


source: TVC POCARI SWEAT - Bintang SMA

Pada scene yang menunjukan bahwa Ayu sedang berada dalam sebuah pesawat menuju Jakarta (mengenakan seragam sekolah), muncul sebuah keterangan judul lagu yang melatarbelakangi TVC ini.

Zenryoku Shounen (2005), yang merupakan single ke-5 dari musisi duo J-pop asal Jepang Sukima Switch (スキマスイッチ) ini dipilih sebagai musik penguat cerita Reza dan Ayu. 

Sukima Switch yang beranggotakan Takuya Ōhashi (大橋卓弥) dan Shintarō Tokita (常田真太郎) ini tahun lalu sempat datang ke Indonesia dan tampil di Jak-Japan Matsuri 2018.




Gimana nih menurut kalian? Apakah TVC Pocari Sweat Bintang SMA ini beneran mirip dengan anime-anime buatan Makoto Shinkai atau cuma sekadar momentumnya aja yang tepat?

Atau jangan-jangan warganet aja nih yang suka nyebut-nyebut Makoto Shinkai kalau lihat iklan animasi yang visualnya berangkat dari latar sungguhan. 

Eits, tunggu dulu. Di part terakhir terakhir lagu Zenryoku Shonen ada liriknya yang berbunyi 'Shikai wa mou sumikitteru'.

Emang beneran ada 'Shinkai'-nya ternyata hehe. Tapi lirik itu artinya My field of vision is clear..

Sepertinya, pertemuan kita kali ini cukup sampai di sini. Semoga informasinya dapat bermanfaat ya.

Semoga juga suka-suki bisa ikutan viral seperti TVC Pocari Sweat Bintang SMA hehe.

Apakah itu artinya suka-suki juga mesti ikutan bikin anime? Hmm.. kalau itu sih sepertinya belum sanggup ^_^

Jaa, matane!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama